Jumat, 06 September 2013

mengatasi masalah teknik pada jembatan timbang

Gangguan teknik pada timbangan jembatan

Jembatan timbang adalah seperangkat alat untuk menimbang kendaraan barang/truk yang dapat dipasang secara tetap atau alat yang dapat dipindah-pindahkan (portable) yang digunakan untuk mengetahui berat kendaraan beserta muatannya, digunakan untuk pengawasan jalan ataupun untuk mengukur besarnya muatan pada industri, pelabuhan ataupun pertanian. Sebenarnya istilah yang benar adalah Timbangan Jembatan.



bisa kita bayangkan jika terjadi gangguan pada waktu proses menimbang pada suatu perusahaan, bisa jadi mengakibatkan error data yang dibutuhkan untuk management perusahaan tersebut, belum lagi antrian truck2 yang mau/meninggalkan pabrik.
untuk itu para teknisi/maintenant bisa mendeteksi atau mengatasi masalah yang sering timbul pada jembatan timbang.

Timbangan tidak akurat/selisih

hasil dari timbang 1(in) dan timbang 2(out) adalah netto. bila berat dari hasil/netto sudah tidak benar lagi. maka langkah awal yang harus dilakukan adalah 

1. Test Pojok
    test pojok adalah uji berat yang dilakukan didaerah loadcell. jika terdapat 4 loadcell, maka test pojok ada 4 titik. dan hasilnya harus sama, atau paling tidak beda yang terjadi tidak melebihi toleransi yang dibolehkan.
jika memang diketahui berat 4 titik tidak sama, maka langkah yang harus diambil adalah justment dari loadcell tersebut. tempatnya ada pada juction box.

cara justment loadcell
     ukur out put (mv/v) dari tiap2 loadcell, nilai out put harus sama/beda sedikit dari beberapa loadcell tsb. utk menyamakan dengan cara leveling.
jika cara tersebaut masih belum mengatasi, selanjutnya justment di trimpot(VR) masing2 loadcell dalam junktion box. cara justment yaitu menggunakan beban tetap yang diarahkan di tiap loadcell yg ada, dan mengubah trimpot utk menyamakan...  ( dilakukan berulang2 sampai tiap sudut timbangan sama).


2. Calibrasi
     Jika di test pojok beban semua sama maka langkah selanjutnya proses Calibrasi.
Proses Calibrasi juga bisa dilakukan oleh pihak metrologi setempat, hal itu dinamakan TERA.




Display Error

    salah satu komponen jembatan timbang adalah indicator/display. jika terjadi error pada display langkah pertama yaitu memeriksa conektor dari load cell, terkadang ada salah satu kabel putus atau short. jika konektor kondisi baik maka indicator selanjutnya yang harus diperiksa, yaitu dengan alat simulator/pengganti loadcell.
jika indicator kondisi baik maka bisa diketahui masalah ada pada load cell. pengecekan selanjutnya yaitu pada loadcell, junction box dan instalasi jalur kabelnya....

Display Drifting

   Pengertian Drifting pada timbangan adalah tidak stabilnya angka pada display/indicator pada saat kondisi kosong (zero) maupun ada beban (span).
cara memeriksa kondisi seperti ini sama dengan cara memeriksa pada kondisi display error.

jika keadaan masih belum teratasi/bingung, bisa konsultasi :

Surabaya Bengkel Scale
031-71829495/085230305255
bengkelscale@gmail.com
(gratis survey wil sby, sda, gresik)


   
    
      

0 komentar:

Posting Komentar